Saturday, September 15, 2012

Jokowi: Sekolah Gratis Tapi Kualitas Rendah Percuma!

Jakarta Pendidikan gratis menjadi program prioritas bagi para calon gubernur DKI Jakarta sejak putaran pertama. Menurut Joko Widodo, yang terpenting bukan pada gratisnya, tetapi kualitas dari sekolah yang dibangun.

"Artinya (sekolah) bukan masalah gratisnya saja, gratis tapi kualitasnya rendah ya percuma," kata Cagub DKI, Joko Widodo.

Hal itu disampaikan dalam acara Halal Bihalal dan Silaturahmi Nasional Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta, di Gedung Serba Guna GBK Senayan, Jalan Manila, Jakarta, Sabtu (15/9/2012).

Menurut Jokowi, DKI Jakarta memiliki anggaran pendidikan yang sangat besar yaitu Rp 9 triliun lebih. Harusnya dengan anggaran itu bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Jakarta. Jokowi memiliki konsep sendiri soal sekolah di Jakarta.

"Menurut saya pada wilayah-wilayah pinggiran harus ada sekolah-sekolah yang plus, unggulan, sehingga semua orang tidak menuju pusat. Artinya ada sekolah yang berkualitas SD, SMP, SMA. Itu juga yang menyebabkan kemacetan semua orang pengennya ke pusat," ungkap Jokowi

Kemudian ia menjelaskan soal sekolah yang berkualitas yang dimaksud, yaitu sekolah dengan fasilitas, infrastruktur dan tata ruang yang lengkap.

"Misalnya fasilitas-fasilitas sekolah dilengkapi, yang rill lho ya. Lab dilengkapi, infrastruktur sekolah dilenagkapi, gedung dan yang paling penting tata ruang sekolah, penghijauan, dan ruang interaksi siswanya harus ada, karena uang anggaran ini bukan gede, tapi gede banget Rp 9,8 triliun," tegasnya.

Soal langkah solusi, ia menjelaskan perlunya pilot project sebagai percontohan, sebelum penerapan sekolah berkualitas yang dicanangkan.

"Sekolahnya kan ada, ini mestinya ada pilot project dulu saya nggak mau langsung bikin gitu. Misal satu wilayah dibangun dua (sekolah), kalau jadi semua dijadikan sekolah unggulan, karena duitnya ada," ucap wali kota Solo itu.

"Mestinya dengan angka 9,8 triliun bisa berbuat lebih banyak. Manajemen pengelolaan anggaran yang harus dibenahi," imbuhnya.

1 comment:

  1. mantap bang jokowi .. maju teruss .. rubah jakarta jadi is the best

    ReplyDelete

Info

Cara Cepat Hamil



free counters
View My Stats